Selasa, 21 Februari 2012

sejarah travel agent


Perkembangan usaha perjalana wisata pada abad XIX merupakan saat mulai dikenalnya suatu system pengaturan perjalanan yang disebut Travel Agent. Kmajuan di bidang tranportasi, baik transportasi darat, laut maupun udara mewarnai permulaan abad XIX. Semakin banyaknya pula orang-orang yang melakukan perjalan ini dapat terpenuhi karena adanya kemajuan dalam pembangunan akomodasi perhotelan dibeberapa negra dan kota-kota penting di dunia. Adanya akomodasi perhotlan dalam suatu Negara dan majunya system transportasi memudahkan orang untuk melakukan perjalanan wisata.
            Tokoh yang mengangkat profesi Travel Agent  sebagai salah satu cabang usaha adalah Thomas Cook. Thomas Cook dilahirkan pada tanggal 22 November 1808 di kota Melbourne, Derbyshire (Inggris). Pada saat itu banyak yang meramalkan bahwa Thomas Cook adalah orang yang pembosan dan tidak akan menjadi pekerja yang baik. Ketika berusia 10 tahun, ia keluar dari sekolahnya, kemudian ia mencoba bekerja pada sebuah perusahaan. Namun, ia tidak betah lalu sering berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Thmas Cook mempunyai sifat mudah bosan, makadari itu ia merasa tidak betah bekerja pada suatu perusahaan, apalagi menjadi pekerja tetap. Meskipun demikian, Thomas Cook adalah orang yang kreatif. Ia memperhatikan dan mempelajari perkembangan transportasi yang semakin pesat. Selain itu ia juga memperhatikan perkembangan akomodasi perhotelan. Seiringan dengan perkembangan sarana transportasi dan akomodasi, disetiap kota penting di dunia didirikan hotel-hotel dan segala fasilitasnya. Secara tiba-tiba timbul ide dalam benak Thomas Cook untuk menyelenggarakan suatu perjalanan wisata dengan kereta api.
            Pada tanggal 5 Juli 1841, Thomas Cook melaksanakan idenya dengan menyelenggarakan tournya yang pertama. Ia menyelenggarakan perjalanan wisata dari Kota Leicester ke Kota Lougboruogh. Tour ini merupakan tour yang pertama dan paling bersejarah. Ia member nama tour tersebut dengan sebutan “A Round Trip Excursion”.  Untuk mengikuti tour tersebut, setiap peserta ditarik biaya sebesar 1 shilling. Di luar dugaannya, peminat yang ingin mengikuti acra tour ini cukup banyak yaitu 500 orang.
            Karena banyaknya peserta dalam tour itu, ia mencarter kereta api dari sebuah perusahaan kereta api yang bernama Midland Counties Railway Company. Thomas Cook mendapat komisi sebesar 5% dari harga penjualan tiket kereta api. Itulah saat dikenalnya awal mula sistem komisi dalam dunia travel agent atau usaha perjalanan wisata. Acara tour ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang hangat. Oleh karena itu, Thomas cook dianggap sebagai pengatur perjalanan pertama di dunia. Empat tahun kemudian, usaha yang dirintis oleh Thomas Cook, antara lain merencanakan, mengorganisir, serta menyelenggarakan perjalan wisata.
            Setelah dengan perkembangan jaringan kereta api, dan pembangunan hotel-hotel, Thomas Cook memperluaskan daerah tujuan wisatanya. Pada tahun 1851 diselenggarakan ”World Exposition” di London. Banyaknya orang yang ingin menyaksikan acara ini, atas permintaan para pelanggannya. Thomas Cook menyelenggarakan tour ke London. 

sumber :
 

2 komentar: